Sabtu, 17 Juli 2010

PENGERTIAN KONSEP DAN LINGKUP PEMASARAN


PENGERTIAN KONSEP DAN LINGKUP PEMASARAN
A.        DEFINISI PEMASARAN DAN PERKEMBANGANNYA
Pemasaran adalah suatu kegiatan usaha yang mengarahkan aliran barang dann jasa dari produsen kepada konsumen atau pemakai ( AMA, 1902 )
Pemasaran adalah sistem keseluruhan dari kegiatan usaha yang ditujukan untuk merencanakan produk, menentukan harga, mempromsikan, dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan “ kebutuhan “ pada pembeli yang ada maupun pembeli potensial. ( WJ. Stanton, 1978 )
Marketing  is human ativity directed to satisfying “ needs and wants “ through exchange ( kotler,  1976 )
Pemasaran adalah suatu proses sosial da manajerial di mana individu dan kelompok mendapatkan “ kebutuhan dan keinginan “ mereka dengan menciptakan, menawarkan  dan bertukar sesuatu yang bernilai satu sama lain  ( kotler, 1994 )
Menurut Cannon, Perreault dan Mc. Carthy ( 2008 ). Pemasaran didefinisikan dengan cara pandang mikro dan makro .
a.      Dengan cara pandang mikro ,  pemasaran adalah suatu aktivitas yang bertujuan mencapai sasaran perusahaan, dilakukan dengan mengantsipasi kebutuhan pelanggan atau klien serta mengarahkan aliran barang dan jasa yang memenuhi kebutuhan pelanggan atau klien dari produsen.
Rincian unsur dalam definisi mikro, antara lain :
1.       Dapat diterapkan pada organisasi laba maupun nirlaba
2.       Lebih dari sekedar membujuk pelanggan
3.       Dimulai dari kebutuhan pelanggan
4.       Tidak berjalan sendiri
5.       Pemasaran melibatkan  pertukaran
6.       Membangun hubungan dengan pelanggan
b.    Dengan cara pandang makro, pemasaran adalah suatu proses yang mengarahkan aliran  ekonomi barang dan jasa dari produsen ke konsumen dengan cara yang efektif mencocokkan penawaran dan permintaan serta sasaran – sasaran masyarakat tersebut.
Rincian unsur dalam definisi makro, antara lain :
1.       Penekanannya pada keseluruhan sistem
2.       Fungsi universal  pemasaran membantu menjembatani gap ini ( pembelian, penjualan, pengantaran, penyimpanan, standarisasi dan pemilahan, pembiayaan, pengambilan resiko, dan informasi pasar )
3.       Pemasaran berperan dalam sistem ekonomi ( commad economi, market – directed economy )

0 komentar:

Posting Komentar

bagi temen temen yang silahkan memberikan masukan untuk blog kami agar menjadi lebih bermanfaat dan menarik bagi semuanya..