Selasa, 27 Desember 2011

KEARIFAN DALAM BERSIKAP

Kearifan lebih penting.....


Disuatu padepokan di Tiongkok pernah hidup seorang GURU yang sanagt dihormati karena tegas dan jujur. 
Suatu hari ada 2 murid menghadap GURU. Mereka bertengkar hebat dan nyaris beradu fisik. Keduanya berdebat tentang hasil hitungan 3 x 7. Murid bodoh menantang murid pandai untuk meminta GURU sebagai jurinya untuk mengetahui siapa yang benar diantara mereka. 


Si Bodoh ==> "Jika saya benar 3 x7 = 27, maka kamu harus dicambuk 10x oleh GURU, tetapi jika kamu benar 3 x 7 = 21, saya mau penggal kepala saya sendiri. Katakan GURU mana yang benar ??" tanya muri bodoh. Ternyata GURU memvonis cambuk 10x bagi murid yang pandai ( orang yang menjawab 21 ). Si murid pandai protes, Sang GURU menjawab, "Hukuman ini BUKAN untuk hasil hitunganmu, tetapi untuk KETIDAK ARIFAN -mu yang mau - maunya berdebat dengan orang bodoh yang tidak tau bahwa 3 x 7 adalah 21 !!"Guru melanjutkan :: " Lebih baik melihatmu dicambuk dan menjadi arif dari GURU harus melihat 1 nyawa terbuang sia - sia !! "" Wallahu a'lam


Sumber : KH. Sholahudin Wahid


2 komentar:

sungguh arif dan bijaksana seorang guru yang diatas

nice gan, aku jadi termotivasi

Posting Komentar

bagi temen temen yang silahkan memberikan masukan untuk blog kami agar menjadi lebih bermanfaat dan menarik bagi semuanya..