Sabtu, 17 Juli 2010

LINGKUNGAN PEMASARAN

                  LINGKUNGAN PEMASARAN

A KEBUTUHAN DAN KECENDERUNGAN DALAM LINGKUNGAN MIKRO

         Perusahaan yang sukses adalah yang dapat mengenali dan bereaksi terhadap kebutuhan dan
    kecenderungan yang belum terpenuhi dalam lingkungannya.
         Kecenderungan adalah suatu arah atau urutan kejadian yang memiliki momentum dan jangka waktu
    tertentu. Mode adalah bersifat tidak terduga, jangka pendek dan tidak penting secara social, ekonomis dan
    poitis. Kecenderungan perlu mendapat perhatian dari pemasar, agar suatu produk atau program pemasaran
    baru mungkin lebih berhasil jika sesuai dengan kecenderungan itu.
    10 KECENDERUNGAN FAITH POPCORN :
    a. Cashing Out ( keluar dari kegiatan rumah )
    b. Coconung ( cenderung dirumah )
    c. Down Aging ( product yang ditawarkan yang selalu muda )
    d. Egonomics ( lebih mengedepankan egonya )
    e. Fantasy Adventure ( tantangan – tantangan tertentu )
    f. 99 Lives
    g. S.O.S ( Save Our Society )
    h. Small Indulgences
    i. Staying Alive
    j. Teh Vigilante Consumer


  • Lingkungan Ekonomi
    Demografi adalah studi statistic tentang kependudukan beserta karakteristik distribusinya. Masalah demografi sangat penting dalam pemasaran karena orang yang mempunyai uang dan kemauan membeli dapat dinyatakan sebagai pasar.
    a.       Pertumbuhan populasi , menjadi perhatian utama.
    1).    Populasi meningkat berarti kebutuhan manusia meningkat, belum berarti diimbangi pasar yang meningkat bilamana daya beli tidak mncukupi.
    2).    Populasi meningkat dengan tekanan sumberdaya yang ada meningkatkan biaya sehingga laba menurun.
    b.      Distribusi Usia, populasi menentukan kebutuhan
    1)     Enam kelompok umur : pra sekolah, anak – anak, remaja, usia 25 – 40 tahun, usia 40 – 64 tahun dan usia 65 tahun ke atas.
    2)    Kelompok umur bagi pemasar memberi tanda mengenai jenis produk dan jasa apa yang mempunyai permintaan tinggi untuk periode tahun – tahun berikutnya.
    c.       Pasaran etnis, akan mempengaruhi keinginan karena kebiasaan ( budaya ) dalam masing – masing kelompok etnis tertentu.
    d.      Kelompok pendidikan, prosentase populasi dalam tingkat pendidikan tertentu mempengaruhi permintaan produk dan jasa tertentu.
    e.      Pola rumah tangga, dalam siklus hidup keluarga akan menunjukkan kelompok tertentu apakah sebagai “single, married, separated, widowed atau divorced “
    f.        Pergeseran geografis dalam populasi, dimana orang dapat berpindah dari satu wilayah ke wilayah tertentu yang dapat terjadi karena pekerjaan dan pendidikan.

  • Lingkungan Demografi
    Pasar memerlukan daya beli yang tergantung pada :
    a.       Distribusi  pendapatan, yang mempengaruhi oleh struktur industri suatu negara, apakah berbentuk perekonomian subsisten, perekonomian Industrialisasi atau Perekonomian Industri.
    b.      Tabungan, hutang dan ketersediaan kredit, yang mempengaruhi pengeluaran konsumen terutama pada produk yang memiliki sensitivitas pendapatan dan harga.
    c.       Tingkat suku bunga dan inflasi, mempengaruhi orang dalam konsumsinya.

  • Lingkungan Alam
    Kemerosotan kondisi lingkungan alam menjadi permasalahan yang dihadapi dunia sejak tahun 1990 an.
    a.       Kekurangan sumber daya alam, yakni sumber daya dibedakan menjadi SDA yang tidak terbatas, SDA yang terbatas  dan dapat diperbaharui, SDA yang terbatas dan tidak dapat diperbaharui.
    b.      Biaya energi yang meningkat, menuntut penemuan sumber energi baru
    c.       Tingkat polusi yang meningkat, mendorong pencarian alternative pengendaliannya.
    d.      Peranan pemerintah dalam pelestarian lingkungan.

  •  Lingkungan Technologi
    Kekuatan tehknologi akan mempengaruhi dan membentuk kehidupan manusia.
    a.       Perubahan tekhnologi yang makin cepat
    b.      Kesempatan inovasi yang tidak terbatas
    c.       Anggaran riset dan pengembangan yang bervariasi
    d.      Regulasi atas perubahan tekhnologi.

  • Lingkungan Politik
    Keputusan pemasaran dipengaruhi perkembangan politis seperti hukum yang mengatur bisnis  dan pertumbuhan kelompok – kelompok kepentingan umum.

  • Lingkungan Kebudayaan
    Masyarakat membentuk kepercayaan, tata nilai dan norma, serta etika dasar penduduk yang menunjukkan bagaimana mereka berhubungan dengan diri mereka, dengan orang lain, bahkan dengan alam semesta.

  • B. KEBUTUHAN DAN KECENDERUNGAN DALAM LINGKUNGAN MIKRO
    1. Eksternal
      1.     Eksternal
      a.       PASAR, yang terdiri dari orang – orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk berbelanja dan kemauan untuk membelanjakannya.
      b.      PERANTARA, yang membantu kegiatan pemasaran terutama dalam penyampaian produk kepada konsumen.
      c.       PEMASOK, yang berfungsi sebagai penyedia fasilitas dan sarana yang dibutuhkan perusahaan. Perlu adanya jalinan kerjasama yang baik agar terjamin kelancaran proses dan kegiatan perusahaan dengan baik.
      d.      PESAING, yang berasal dari perusahaan sejenis dalam industri yang sama, ataupun perusahaan lain yang menghasilkan produk subtitusi. Kondisi persaingan menuntut perusahaan harus mampu merencanakan kegiatan pemasarannya dengan sebaik mungkin.
    2. Internal
      a.       Variabel non pemasaran yang harus diperhatikan seperti kemampuan produksi, keuangan, R & D serta personilnya, merupakan pengaruh dalam melakukan kegiatan pemasaran, karena pemasaran adalah suatu system.
      b.      Variabel pemasaran meliputi komponen Marketing Mix, yaitu Produk, Harga, Distribusi, dan Promosi.
      1)    PRODUK yang dalam pengelolaanya perlu pedoman apakah produk akan diubah, ditambah atau tindakan lain yang mempengaruhi kebijakan penentuan produk. Ada beberapa keputusan yang harus diambil seperti : merk, kemasan, label, garansi, dan pelayanan.
      2)    HARGA yang perlu dilakukan suatu kebijakan bagaimana metode dalam penetapan harga yang akan menyangkut berapa harga dasar, harga potongan, pembayaran ongkos kirim, dsb.
      3)    PROMOSI merupakan komponen yang digunakan untuk mempengaruhi dan memberitahukan pasar, tentang semua informasi dalam hal produk serta kegiatan pemasaran lainnya.
      4)    DISTRIBUSI adalah bertugas memilih dan menggunakan perantara serta mengembangkan system pendistribusian yang efektif dan efisien.
         

    0 komentar:

    Posting Komentar

    bagi temen temen yang silahkan memberikan masukan untuk blog kami agar menjadi lebih bermanfaat dan menarik bagi semuanya..